Monday, April 23, 2012

Hal kecil menyelamatkan Bumi

Dari tulisan sebelumnya, saya bercerita mengenai Kondom Menyelamatkan Bumi. Hal itu hanya sebagian kecil dari yang bisa dilakukan untuk melestarikan kehidupan di Bumi tercinta ini.

From previous posts, I talked about Condoms Save the Earth. It was only a fraction of that could be done to preserve life on this beloved earth.

Memang manusia sebagai ancaman terbesar bagi Bumi, namun hanya manusia pula lah yang dapat menyelamatkan Bumi ini dari kehancuran. Bukan penduduk planet Krypton, bukan pula penghuni Mars. Tidak harus kita bergabung dengan Green Peace, menjadi pengurus WWF, atau jadi aktifis lingkungan. Karena tentunya kita memiliki kemampuan, keahlian, dan keadaan masing - masing. Kita bisa mulai dari hal - hal kecil di sekitar kita.

Man is the greatest threat to the Earth, but humans are only one who can save Earth from destruction. Not a resident of planet Krypton, nor the inhabitants of Mars. No need to join Green Peace, be a WWF board, or be environmental activists. Because of course we have the ability, expertise, and state of each. We can start from the little things around us.




Hal - hal kecil dapat dilakukan oleh manusia dalam rangka menyelamatkan Bumi. Seperti slogan -slogan yang sering dilontarkan lembaga pencinta lingkungan "Reduce, Re-Think, Re-Use, and Re-Cycle". Mengurangi yang tidak penting, berpikir ulang apakah kita harus menggunakan barang tersebut, memakai ulang barang yang telah digunakan, dan mendaur-ulang.


These little things can be done by humans in order to save the Earth. Slogans such as frequently asked the environment lover within "Reduce, Re-Think, Re-Use, and Re-Cycle". Reducing unnecessary, think again whether we should use these items, reusing goods that have been used, and recycle...

Coba kita lihat di dalam rumah, terutama lemari atau gudang. apakah semua barang yang ada disitu masih digunakan ? akan digunakan lain waktu? sudah tidak digunakan tapi sayang jika dibuang? atau tidak terpakai tapi memiliki nilai historis?

Let's look at the house, especially the closet or storeroom. whether all the items still in use there? will be used next time? was not used but do not want to waste? or unused, but have historical value?

Daripada jadi sarang nyamuk atau rusak karena dimakan waktu, hanya menjadi limbah, lebih baik mulai sekarang kita pilih - pilih barang gudang tersebut. Sudah marak komunitas - komunitas yang menggelar acara Jual-Beli Barang Bekas, atau istilah kerennya Garage Sale.

Instead of a nest of mosquitoes or damaged by time, just be a waste, better from now on we choose goods warehouse. Already lively the communities held a Garage Sale.

Ajang Garage Sale ini sangat menguntungkan, baik bagi pemilik barang, penyelenggara dan pembeli. Semua orang senang. Dan yang tidak kalah penting...dengan adanya Garage Sale, akan semakin sedikit sampah yang tertimbun, sehingga Bumi pun ikut senang.

Garage Sale event is very beneficial, both for the owner, operator and buyer
Everyone is happy. And no less important ... with the Garage Sale, the less waste will accumulate, so that the Earth happy too...















No comments: