Monday, May 7, 2012

Banyak memperhatikan, membaca, atau berkomentar tentang kecintaan terhadap lingkungan? 
Lalu..? 

Jangan berhenti sampai hanya berkomentar saja. Lakukan sesuatu...
Mungkin sebagian dari anda sudah ada yang berbuat sesuatu sebagai bentuk cinta terhadap lingkungan. Mulai dari menanam pohon, tidak buang sampah sembarangan, memilah sampah, berhemat air, dan sebagainya.

Salah satu langkah yang saya dan beberapa teman saya lakukan adalah dengan menggelar Pasar Barang Bekas. Lho? Salah ya?
Entah jika menurut anda langkah itu salah. Yang pasti menurut saya dan teman - teman, mengadakan Pasar Barang Bekas adalah sebagai bentuk melakukan langkah Re-Use seperti pada tulisan saya sebelumnya. Dengan adanya Pasar Barang Bekas, dapat menjadi sarana berkumpulnya barang - barang yang masih dapat digunakan, namun sudah tidak diperlukan lagi oleh pemiliknya. Padahal barang - barang tersebut masih memiliki nilai guna bagi orang lain.



Kami berusaha "mempengaruhi" teman - teman yang lain untuk bongkar gudang atau tempat penyimpanan barang mereka. Biasanya barang yang sudah masuk gudang adalah barang yang jarang atau sudah dipakai lagi. Jika sudah memeriksa gudang, tentunya dipilah - pilah barang mana yang masih bagus namun sudah tidak digunakan lagi.
Barang - barang tersebut akan dikumpulkan ke kami. Lalu akan kami jual dalam acara Pasar Barang Bekas Berkualitas, atau yang disingkat menjadi Pasar BabeKu. Melalui ajang ini, kami berharap akan dapat mempertemukan kebutuhan.Orang yang butuh membersihkan gudangnya, dan orang yang membutuhkan beberapa barang. Daripada membeli barang yang masih baru, kami berharap dengan adanya ajang Pasar BabeKu, akan mendorong masyarakat untuk memanfaatkan barang - barang bekas namun tetap dapat memenuhi kebutuhan mereka.

Ajang Pasar BabeKu diadakan dengan konsep event yang menarik. Terletak di halaman sebuah cafe yang nyaman, yaitu Oost, koffie and thee jl. Kaliwaron no 60 surabaya. Letaknya yang strategis mudah dijangkau, dengan area parkir yang memadai, dan yang paling penting adalah suasana nyaman yang disuguhkan oleh teman - teman Oost.

Pasar BabeKu baru akan digelar perdana pada tanggal 9-10 Juni 2012, sedangkan soft opening Oost di tanggal 4 Juni 2012. Sampai tanggal 27 Mei 2012, kami masih terus mengumpulkan barang - barang bekas. Sampai saat ini sudah ada beragam barang yang kami terima. Mulai dari baju, asesoris, DVD film, buku, juga mainan anak. Bahkan ada juga yang menitipkan beberapa barang koleksinya seperti perangko, piringan hitam, dan barang antik.

Buat yang ingin ikutan, boleh langsung kontak teman - teman di sini, klik juga di sini, atau lewat twitter di @PasarBabeKu.




No comments: