Wednesday, May 16, 2012

Ngapain nge-BLOG ?

Pertanyaan tersebut sering terngiang di dalam benak saya. 

Apa sih gunanya bikin Blog? aah...cuma buat eksis aja. Saya kan nggak pinter nulis. Saya ga punya bahan yang bisa diceritakan. Apa ya ada yang mau baca blog saya? Kalo sudah punya blog terus mau diapain? 

Tapi pertanyaan itu coba untuk saya pinggirkan terlebih dahulu. Yang penting coba dulu... 

Blog ini pertama kali saya buat tahun 2008. Hanya tidak lebih dari 3 kali saya posting, lalu terlupakan (atau lebih tepatnya saya sengaja melupakannya). Hal ini terjadi karena saya tidak berhasil menyingkirkan pertanyaan di atas. 



Pada tahun 2012 ini pertanyaan itu terngiang kembali. Namun kali ini saya coba untuk benar - benar menyingkirkannya, lalu melakukan apa yang saya pertanyakan itu. Bikin Blog!

Tujuannya untuk apa? Ya nggak tahu... yang penting saya posting apa yang ada dalam lintasan pikiran saya. Entah apakah ada yang baca, ada yang suka atau benci, atau tidak peduli. Sebenarnya, saya lebih suka jika ada yang mengutarakan pendapatnya, dari pada tidak ada yang peduli. Mending ada yang benci, daripada tidak ada yang peduli. Jika ada yang benci, paling tidak berarti orang tersebut sudah membaca atau memperhatikan blog ini, sehingga dia bisa memutuskan untuk benci pada blog saya ini. ;)

Beberapa waktu terakhir saya "bertemu" dengan kawan lama, yang ternyata sudah menjadi salah seorang Maestro Internet Marketing. Banyak hal yang saya coba "curi" ilmunya. Karena jika ingin belajar langsung tentu harus ikut trainingnya, dan bayar tentunya. hehehe... 

Dari berbagai diskusi, akhirnya dia menjawab pertanyaan - pertanyaan yang terngiang dalam benak saya sejak tahun 2008 itu. Apa tujuan orang untuk membuat Blog? 
Pencitraan, Aktualisasi Ide dan Cari Duit

Naah...tujuan yang terakhir sepertinya paling menarik. Siapa sih yang tidak tertarik dengan hal - hal yang menghasilkan duit? :D
Menurut dia, ada 6 cara Monetizing Blog (membuat blog agar menghasilkan uang): 
  1. Menjual barang 
  2. Menjadi media afiliasi
  3. Dimanfaatkan dengan Pay Per Click (ppc)
  4. Untuk Product Review
  5. Untuk dijual kembali (blog/web yang sudah jadi kemudian dijual)
  6. Personal Branding.
Jadi, anda bisa manfaatkan blog sesuai dengan kondisi dan tujuan anda sendiri. Blog itu hanya "senjata", yang bisa digunakan untuk bela diri, membunuh orang, berburu binatang, atau sekedar gaya-gayaan... terserah anda.

Lalu bagaimana Blog yang paling bisa menghasilkan uang? 
Tentu bukan saya yang dapat menjawabnya. 

Silahkan berkunjung ke web teman lama saya, kang Mas Yunus Bani, arek suroboyo asli yang bertekad ikut-ikutan bikin macet Jakarta. 



No comments: